je t'aime japon's Blog

April 1, 2015

Cara Daftar Bebas Visa Jepang ( Visa Waiver ) bagi Pemilik E-Passport Indonesia

Filed under: Uncategorized — aimejapon @ 5:35 am

Bebas visa Jepang bagi warga negara Indonesia sudah lama terdengar dan akhirnya di akhir tahun 2014, kerjasama tersebut terlaksana. Namun, ada beberapa syarat untuk pemegang paspor Indonesia yang ingin datang ke Jepang tanpa perlu apply visa. Syarat pertama adalah paspor yang dimiliki harus merupakan paspor elektronik (e-paspor, paspor biometrik) yaitu jenis paspor yang telah dipasang chip di dalam sampulnya dimana data-data pemegang paspor tersimpan di chip tersebut. Cara mendapatkan e-paspor dapat dibaca di sini.

Nah, saat sudah memiliki e-paspor, masih ada sejumlah langkah yang mesti dilakukan, yaitu mendaftarkan e-paspor kita ke Kedutaan Jepang. Berikut langkah-langkah mendaftarkan e-paspor anda agar dapat dilengkapi sticker visa waiver (bebas visa).

· Pendaftaran dilakukan di Kedutaan Jepang untuk Indonesia, bagian visa/ konsuler.

· Yang perlu dibawa: e-paspor asli yang masih berlaku, form pendaftaran visa waiver yang dapat di download di sini

Cukup dengan mengisi formulir visa waiver seperti ini

· Datang ke Kedutaan Jepang pada rentang waktu 8.30 pagi hingga 12.00 siang. Ini adalah waktu pendaftaran visa (termasuk visa waiver).

· Kedutaan Jepang terletak di Thamrin, dekat dengan Plaza Indonesia, bagi yang membawa mobil bisa parkir di Plaza Indonesia dan berjalan kaki saja ke Kedutaan Jepang.

· Saat masuk serahkan ID di pos security untuk ditukar dengan pass masuk. Setelah melewati scanning langsung masuk ke area pendaftaran dan pengambilan visa dimana terdapat 5 loket. Ambil nomor antrian terlebih dahulu di mesin sebelah kanan (A). Ada tiga loket untuk pengurusan visa dan nomor antrian akan tertera di loket.

e-paspor memiliki ukuran sama dengan paspor biasa namun dengan logo chip di sampul depan

· Jangan kecil hati saat melihat antrian yang banyak, proses cukup cepat. Antrian 20 orang dapat selesai dalam waktu 20-30 menit saja, bahkan kurang.

· Siapkan dokumen tambahan seperti print booking tiket PP ke Jepang atau bukti rekening koran. Sebenarnya ini tidak wajib namun tetap siapkan jika diperlukan.

· Setelah memberikan e-paspor dan form visa waiver anda akan mendapat bukti penyerahan paspor.

· Visa waiver selesai dalam 2 hari kerja, jadi jika submit di hari Selasa maka sudah dapat diambil di hari Rabu. Jika submit di hari Jumat maka dapat diambil di hari Senin.

· Pendaftaran visa waiver ini bebas biaya, anda tidak perlu membayar sedikitpun.

· Jika anda sangat sibuk namun harus mendapatkan visa waiver secepatnya karena pekerjaan dan tidak punya waktu untuk mengurus ke kedutaan, gunakan jasa travel agent. Dwidaya dapat membantu proses ini dengan biaya Rp. 50.000,- ,cukup serahkan e-paspor dan form visa waiver ke travel agent.

AKHIRNYA….

Visa Wiver sudah selesai. Kini pertanyaannya, apa yang dapat digunakan dengan visa waiver agar tidak salah saat menggunakannya?

· Visa waiver hanya berlaku untuk trip selama maksimal 15 hari, jadi jika berencana ke Jepang lebih dari 15 hari maka tetap harus apply visa ke Kedutaan.

· Visa waiver berlaku selama 3 tahun, atau dalam jangka waktu berlakunya e-paspor yang kurang dari 3 tahun.

· Tanpa sticker visa waiver, e-paspor anda tidak berlaku untuk masuk ke Jepang, jangan terjebak dengan info e-paspor bebas visa ke Jepang karena anda tetap mesti mendaftar ke Kedutaan terlebih dahulu.

Source: http://marischkaprudence.blogspot.com/2015/02/cara-daftar-bebas-visa-jepang-visa.html

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: