je t'aime japon's Blog

Desember 7, 2010

Berapa sih Harga sebungkus rokok di Jepang ???

Filed under: Nihon Shakai — aimejapon @ 1:54 pm

TOKYO. Terobosan baru dilakukan oleh Pemerintah Jepang guna menekan angka perokok di Negeri Sakura itu. Pemerintah setempat menetapkan kenaikan pajak rokok tertinggi dari yang pernah dialami Jepang.

Kenaikan pajak tersebut secara otomatis ikut menaikkan harga jual rokok. Misalnya, harga rokok dengan merek paling popular di Jepang naik sekitar 40% dari sebelumnya ¥ 300 (US$ 3,60) menjadi ¥ 410 (US$ 4,90) sebungkus. Dalam rupiah, harga sebungkus rokok itu setara dengan Rp 45 ribu.

Saat ini, Jepang terkenal sebagai negara dengan reputasi smoker-friendly di dunia. Sebagai contoh, merokok masih diperbolehkan di sejumlah restoran dan bar. Bahkan, banyak gedung perkantoran masih menyediakan ruang khusus merokok.

Tapi sepertinya kondisi itu belum memecahkan masalah. Outlet Famili Mart di Jepang melaporkan, tingkat penjualan rokok dalam seminggu sebelum pengumuman kenaikan pajak nyaris naik dua kali lipat.

Bahkan produsen rokok terbesar Japan Tobacco harus mengirimkan 12 miliar rokok ekstra, yang setara dengan suplai sebulan, untuk memenuhi permintaan. “Sehari sebelum pajak dinaikkan, orang berbondong-bondong membeli rokok,” kata salah seorang pedagang rokok.

Catatan saja, saat ini, satu dari tiga pria Jepang merokok dan sekitar 12% wanita Jepang yang mengisap rokok. Namun, kini, pajak rokok sudah dinaikkan dengan tujuan membuat masyarakat Jepang menghentikan kebiasaan merokoknya. Hasil survei menunjukkan, sekitar 60% responden berpikir untuk melakukan hal itu.

Tinggalkan sebuah Komentar »

Belum ada komentar.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: