je t'aime japon's Blog

Agustus 20, 2009

Wasabi / 山葵

Filed under: Nihon Ryouri — aimejapon @ 2:38 pm

Siapapun yang pernah makan sushi pasti tau yang namanya wasabi.
Wasabi adalah sejenis tanaman keluarga Brassicaceae (yang salah satu anggotanya adalah sayuran kol). Akar wasabi inilah yang menjadikannya terkenal di seluruh dunia sebagai teman mesra sushi yang pedasnya minta ampun.

wasabi jepang

Wasabi juga dipercaya banyak khasiatnya lho, seperti mencegah stroke, penyakit jantung, asma, osteoporosis, dan juga mencegah beberapa sel kanker. Sayang, semua ini belum ada bukti ilmiahnya.

Pasar-pasar tradisional di Jepang menjual wasabi dalam bentuk akar. Kalo di supermarket, selain dijual dalam bentuk bubuk kayak merica, wasabi juga dijual dalam bentuk tube kayak pasta gigi. Jadi tinggal pencet, terus dicocorin ke makanan.

wasabi jepang

Yang bikin wasabi unik, pedesnya gak pake lama di lidah. Berbeda dengan cabe rawit ala Indonesia yang pedesnya gak ilang-ilang meskipun udah minum air segentong.

Aku pernah coba wasabi di salah satu restoran Jepang di Jakarta. Saking pedesnya, aku sampe nangis keluar air mata, tenggorokan dan hidung juga mampet dua-duanya. Pahit dan pedes numpuk jadi satu. Rasanya bener-bener gak bisa dijelasin.

Banyak orang bilang kalo kamu harus coba makan wasabi minimal satu kali sebelum kamu meninggal.

2 Komentar »

  1. hi.. saya suka sekali sama wasabi.. katanya obat flu manjur.. yang pasti bikin plong hidung mampet he he he.. ada gak ya wasabi yg halal..

    Komentar oleh dianti — April 17, 2014 @ 2:54 pm

    • HI Dianti san….
      setahu saya sih.. wasabi itu halal kok… enaknya makan pake sushi dan sashimi… ehmm yummy…🙂

      Komentar oleh aimejapon — Maret 31, 2015 @ 5:55 am


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: